Air suling memang terdengar masih sangat asing oleh sebagian besar masyarakat, tetapi memberikan banyak sekali manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan Anda.

Air suling adalah salah satu jenis air minum yang berkualitas sangat baik dan mempuyai beragam manfaat dalam tubuh. Sama halnya air deionisasi dan air Reverse Osmosis (RO), air suling atau distilasi memberikan hasil yang melewati sebuah proses pemurnian air dengan teknologi yang canggih. Sehingga air yang dihasilkan bersih dan dapat dikonsumsi setiap hari.

Apa Itu Air Suling?

Air suling atau yang lebih dikenal dengan air distilasi merupakan air yang sudah melalui proses penyulingan. Air tersebut sudah diolah untuk menghilangkan ion-ion negatif yang terlarut dalam air. Tetapi, proses pemurniannya tidak sama dengan air deionisasi.

Proses penyulingan tersebut dilakukan dengan cara mendidihkan air menjadi uap dan nantinya uap tersebut akan dikondensasikan untuk kembali menjadi air. Hasil penguapan inilah yang dikenal sebagai air minum distilasi atau air suling.

Proses pemurnian air suling membuatnya menjadi bersih dan terbebas dari bakteri, virus, protozoa, dan bahan kimia berbahaya seperti timbal dan sulfat. Tidak hanya itu saja, pH air suling juga mempunyai tingkat keasaman yang aman dan baik untuk tubuh.

Tingkat pH air suling berada dalam standar yang normal yaitu pH 7. Kelebihan inilah yang menjadikan banyak fasilitas medis dan laboratorium memanfaatkan air suling untuk berbagai kebutuhan.

Manfaat Air Suling Untuk Kesehatan

Proses penyulingan sudah membuat elemen padatan atau Total Dissolved Solids (TDS) hilang sehingga air menjadi sangat murni. Tingkat kemurnian ini yang memberikan berbagai manfaat yang baik saat mengonsumsi air suling secara rutin. Berikut adalah beberapa manfaat air suling yang sangat baik untuk kesehatan, di antaranya:

1. Dapat Menyehatkan Tulang

Berdasarkan hasil studi di Academy of Natural Healing, air minum yang sudah melalui proses distilasi dapat membantu menyehatkan tulang dan sendi dengan baik. Manfaat air suling jika dikonsumsi secara rutin dapat menghilangkan endapan mineral yang terkumpul dalam sendi sehingga dapat mengurangi risiko terkena arthritis.

2. Dapat Menjaga Kesehatan

Setelah melalui proses penyulingan dan kondensasi, maka air minum menjadi lebih bersih dari racun dan mikroba jahat seperti bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Hasilnya, air murni ini dapat menjaga kesehatan Anda karena menghindarkan diri dari risiko infeksi mikroba penyebab penyakit.

3. Tidak Mengandung Zat Kimia

Air yang berasal dari keran atau sumur memiliki kandungan fluoride dan klorin yang berbahaya untuk tubuh. Tetapi, hal ini tidak muncul pada air minum distilasi yang sudah melalui proses penyulingan.

4. Memberikan Kesehatan Pada Pencernaan

Air minum suling juga bisa digunakan untuk membantu menyehatkan pencernaan, salah satunya adalah ginjal. Menurut beberapa para ahli, air distilasi diangggap bisa membuang mineral dalam sel untuk terhindar dari penyakit seperti batu empedu.

5. Tanpa Mineral yang Berlebihan

Air suling tidak mempunyai kandungan kalsium, garam, dan magnesium yang umumnya terkandung dalam air keran dan air kemasan. Mineral alami yang biasanya terkandung di dalam air ini umumnya sudah diproses hingga tidak ada lagi di dalam air suling. Konsumsi mineral yang berlebihan tentunya dapat memengaruhi sistem organ di dalam tubuh Anda, sehingga membatasi konsumsi mineral dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Demikian informasi mengenai air suling dan manfaat apa saja yang didapat jika mengonsumsi air suling.